Sabtu, 12 Desember 2015

Cara Menggunakan Rumus IF di Microsoft Excel

Kembali lagi dengan Blog Saya... kali ini saya akan membahas tentang Penggunaan rumus pada microsoft excel 
Jadi di dalam postingan ini pasti akan memudahkan anda dalam pengoperasian data sesuai dengan kebutuhan anda. Salah satu rumus yang dapat anda pergunakan adalah IF.
IF merupakan suatu kode yang digunakan untuk menyatak suatu kondisi. Biasa nya if diiringi dengan jawaban TRUE atau FALSE atau juga biasa diiringi dengan suatu kalimat yang menyatakan benar ataupun salahnya suatu kondisi yang diyatakan oleh if.

Rumus / bentuk Sintaks:

IF(Ekspresi Logika, Perintah_1, Perintah_2)

Sintaks diatas adalah jika Ekspresi Logika benar, maka Perintah_1 yang dijalankan tetapi jika Ekspresi Logika salah, maka Perintah_2 yang akan dijalankan.

jika bentuk rumus Perintah_1 dan Perintah_2 berbentuk data teks maka harus diapit tanda petik (“ “). Perintah_1 dan Perintah_2 ini juga bisa berbentuk rumus, ataupun fungsi.

Biasanya juga dalam menggunakan fungsi IF, diperlukan juga adanya ekspresi atau pernyataan logika sebagai relasi. ekspresi atau pernyataan logika yang dimaksud adalah
=            sama dengan
<            lebih kecil dari
>            lebih besar dari
<=           lebih kecil atau sama dengan
>=           lebih besar atau sama dengan
<>           tidak sama

Dengan cara menggunakan rumus itu  logical test akan dapat membantu anda dalam memberikan suatu nilai ataupun keputusan yang tepat sesuai dengan perhitungan matematis.

Berikut merupakan contoh dalam penggunaan IF didalam Mc Office Exel :
1. Langkah pertama  membuka program Microsoft excel,  anda dapat membuat tabel pada worksheet baru , misalnya tabel yang menyatakan lulus atau tidak lulus.
2. Kita mulai dari rumus yang sederhana dahulu.Misalnya seorang dosen ingin menetukan kelulusan siswanya dengan syarat kelulusan nilai siswa harus mencapai lebih dari 50, dan nilai dibawah standar 50 dinyatakan TIDAK LULUS dalam ujian.



keterangan gambar 1
Pada Sel A1:D1 isikan secara berurut : No, Nama Siswa, Nilai, Keterangan

Pada Sel A2:C6 isikan datanya, bisa contoh diatas

3. Pada Sel D2 tulis fungsi IF sebagai berikut: =IF(C2>50,"LULUS","TIDAK LULUS")
Jika ingin mengetahui hasil di Sel D3:D6, pilih Sel D2 kemudian arahkan mouse kesudut kiri sel sampai berbentuk tanda plus (+) kemudian tarik bawah

Fungsi IF Ganda/Majemuk

Contoh diatas masih terlalu sederhana, bagaimana jika digunakan untuk menyeleksi lebih dari dua pilihan. Jika mendapatkan yang sepert itu, inilah yang disebut dengan fungsi IF ganda/majemuk.

Bentuk/Sintaks fungsi IF ganda/majemuk  adalah :

IF(Ekspresi Logika_1, Perintah_1, IF(Ekspresi Logika_1, Perintah_2, Perintah_3))


Wah ribet juga….

Perhatikan contoh berikut:

Perhitungan Tunjangan :

Sekertaris          = 20%*Gaji Pokok

Staf                    = 15%*Gaji Pokok

Satpam              = 12%*Gaji Pokok

Pada Sel D2, isikan dengan rumus

=IF(B2="Sekertaris",20%,IF(B2="Staf",15%,12%))*C2

 Dengan memahami serta mempelajari rumus IF seperti ini maka semakin mudah untuk mengerjakannya sehingga kedepan akan mengerti dengan rumus IF.Berikut merupakan penggunaan rumus IF didalam Microsoft Excel, semoga tutorial rumus ini dapat mempermudah pemakainnya serta bermanfaat ya guys!!!.
SEKIAN DAN TERIMAKASIH :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar