Sabtu, 12 Desember 2015

Cara Membuat Hyperlink pada Microsoft Word

Pada kesempatan kali ini ,di blog saya ,saya  memberikan tutorial mengenai “CARA MEMBUAT HYPERLINK PADA MS. WORD”. Nah , bagaimana sih cara membuat Hyperlink. Apa itu Hyperlink ??? 

 Jadi Hyperlink merupakan suatu teks yang akan mengarahkan ke tampilan dokumen atau halaman lain. Hyperlink sering kita kenal dengan link, kalau kita menklik hyperlink pada halaman suatu website berarti kita telah menbrowse WWW (World Wide Web) dan  menuju ke halaman yang lain ataupun ke dokumen lain. 

Fungsi dari Hyperlink
memiliki tujuan untuk memudahkan visitor atau pengunjung pada suatu web untuk menelusuri berbagai informasi yang tersimpan di dalam suatu website yang dikunjunginya, dan link juga berguna untuk menghubungkan antar dokumen HTML.

Misalnya nih ada 3 halaman di Ms. Word, nah kita mau menghubungkan halaman 1 dan 3, hanya dengan mengklik suatu tombol atau tulisan jadi  cara membuatnya adalah dengan menggunakan Hyperlink.
Nah untuk mempersingkat waktu. dan rasa penasaran penasaran yang sudah berakar akar jadi Langusng saja kita bahas..
1. Sebelumnya kita  operasikan terlebih dahulu program Ms. Word
2. Kita buat 3 Halaman di Ms. Word dengan Kata-kata yang berbeda.
3. Selanjutnya buatlah tombol ataupun tulisan pada halaman pertama. Sebagai contoh saya membuat tulisan pemicu seperti tulisan DOWN

 4. selanjutnya pergi ke halaman ketiga. Kemudian blok seluruh tulisannya, setelah itu pilih Insert kemudian pilih Bookmark.

5.selanjutnya buat nama bookmarknya sebagai contoh saya membuat nama bookmarknya HALAMANTIGA (buat nama jangan menggunakan Spasi). Setelah itu klik tombol Add. Bookmark adalah kumpulan kata yang akan menjadi tujuan dari Hyperlink.

  6. Setelah itu kembali ke halaman pertama dan blok tombolnya Kemudian anda klik insert Hyperlink.


 7. Nah nanti akan muncul menu Hyperlink, bagian ini klik tulisan Place in this document, kemudian pilih nama bookmark yang kita buat, setelah itu anda klik ok.


8. Cara menggunakannya yaitu anda tekan Ctrl di keyboard kemudian anda klik tulisan berwarna birunya.

(sumber:roniyanuardwiyanto)

Nha , jadi begitu cara membuat tesks Hyperlink .
Gampangkann???? heehhehehe
oke sekian dulu dari blog pertama saya yang membahas tentang HYPERLINK dalam MS WORD
Semoga link ini bermanfaat dan berguna bagi teman teman ... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar